Tampilan website Polda Papua

 Biasa saja
 Bagus
 Cukup bagus

 
YOBI WENDA

WENDA alias JOPI WENDA
Kristen Protestan, Komplek Wamena dekat SMA YPK Kab. Jayapura anjungan Expo
Ciri-Ciri :
Suku Lanny
Lainnya
Sejarah

"Sejarah adalah masa lalu yang tidak mungkin terulang kembali tetapi sejarah menjadi saksi tentang apa yang terjadi pada masa kini, sedangkan masa kini adalah proses menuju masa yang akan datang "

Kepolisian Daerah Papua yang pada awalnya berstatus Kepolisian Komisariat Irian Jaya, kelahirannya ditandai dengan pemisahan dari Kepolisian Komisariat Maluku dan Irian Barat pada tanggal 27 September 1959 dengan nama Kantor Polisi Komisariat Irian Barat yang berkedudukan di SOA-SIU (Tidore) dan dipimpin oleh Kepala Polisi Komisariat AJUN KOMISARIS BESAR POLISI M. SAUNI.

Setelah melalui masa peralihan sesuai persetujuan New York, pada tanggal 6 Mei 1963 Kesatuan Kepolisian Irian Barat diserahkan dari Kepala Polisi UNTEA , Mr. ROBERTSON kepada Kepala Polisi Komisariat Irian Barat yan  pada waktu itu sudah dijabat oleh AJUN KOMISARIS BESAR POLISI Drs.M. SABAR KUMBINO (KPKOM ke-II) dan kedudukannya resmi dipindahkan ke SUKARNOPURA (sekarang Jayapura).

Dalam pertumbuhan dan perkembangannya Kepolisian Komisariat Irian Barat berubah status menjadi Komando Daerah Irian Barat XXI (disingkat KOMDAK XXI/IRIAN BARAT) sedangkan Kepala Komisariat dirubah menjadi PANGLIMA KEPOLISIAN XXI/IRIAN BARAT.

Selanjutnya Komdak XXI/Irian Barat diganti menjadi Irian Jaya dan sesuai reorganisasi/likuidasi beberapa Komdak, maka Komdak XXI/Irian Jaya akhirnya dirubah menjadi Komdak XVII/Irian Jaya dengan membawahi 17 Kores, namun sejalan dengan Reorganisasi Polri secara menyeluruh pada tahun 1984 Komdak XVII/Irian Jaya berubah menjadi POLDA IRIAN JAYA.

Menyusul pergantian nama Propinsi IRIAN JAYA menjadi Propinsi PAPUA sesuai UU Otonomi Khusus Nomor 21 tahun 2001 maka Kepolisian Daerah Irian Jaya akhirnya menyesuaikan dan secara resmi dengan Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. Pol. : Skep/5/II/2002/Sekjen tanggal 26 Pebruari 2002 berganti nama menjadi KEPOLISIAN DAERAH PAPUA dengan membawahi 10 Polres, 124 Polsek, 2 Batalyon Brimob dan 1 Sekolah Polisi Negara.
Get the Flash Player to see this player.
Pembukaan Pelatihan SMS 1120

Lainnya
Users online class errors:
  • Unable to delete visitors